Pilih Bahasa

Sabtu, 12 Januari 2013

Menggali Nilai-Nilai Pancasila


(Kegiatan Pembelajaran Pancasila yang Kreatif dan Reflektif)
SMA SANTA URSULA, BSD 19-21 Desember 2012

Bekal pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur bangsa sangat penting diberikan kepada peserta didik agar mereka menyadari pentingnya semangat kebangsaan dalam suasana perbedaan. Pancasila sebagai buku pedoman hidup berbangsa perlu dipandang sebagai “strategi kebudayaan” yang harus dimaknai dalam relevansinya dengan kebutuhan Bangsa Indonesia untuk melahirkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan di masa depan.
Keprihatinan terhadap krisis nasionalisme, kepemimpinan, moralitas, dan konflik sosial yang banyak melibatkan generasi muda telah mendorong semua pihak, khususnya SMA Santa Ursula, BSD untuk menggali nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan jiwa jaman. Perkembangan teknologi yang turut mempengaruhi tumbuhnya suatu generasi tentu memiliki karakteristik tersendiri, termasuk dalam mengekspresikan nilai-nilai Pancasila.
Meminjam pemikiran Daoed Josoef dalam Harian Kompas, pendidikan harus mampu menjadi pemupuk semangat kebangsaan. (23 Oktober 2012, hlm 6). Oleh karena itu, kegiatan yang bertemakan “Menggali Nilai-Nilai Pancasila” yang diselenggarakan SMA Santa Ursula, BSD menekankan pada dua nilai utama, yaitu kemanusiaan dan kebangsaan, bersumber pada sila ke-1, 2, dan 3. Dua nilai inilah yang semakin terkikis disaat bangsa ini harus mempersiapkan diri dari derasnya arus globalisasi.
Semoga institusi ini menjadi tempat tumbuhnya nilai-nilai Pancasila yang mampu menginspirasi peserta didik untuk menerapkannya dalam kehidupan di keluarga, masyarakat, dan hidup berbangsa-bernegara. Pendidikan sebagai proses memanusiakan manusia muda semoga menjadi kenyataan.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar